Whisnutama: Hampir Tiap Malam Menteri Rapat Bahas Dampak Virus Corona

114

News.lpkn.or.id , Jakarta Wabah Virus Coronaasal Wuhan, China berimbas ke berbagai sektor. Pariwisata jadi yang paling terdampak besar. Pemerintah pun serius melakukan berbagai antisipasi agar tak terjadi kemungkinan terburuk di sektor ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Whisnutama mengaku, hampir tiap malam, dirinya berkoordinasi dengan lintas kementerian untuk membahas dampak Virus Corona. Misalnya Kementerian Perhubungan, Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN hingga Kementerian Kantor Staf Kepresidenan (KSP).

“Hampir tiap malam kita diskusi,” kata Whisnutama di Ciputra World 1, Jakarta Selatan, Rabu (19/2/2020) malam.

Meski belum final, beberapa pilihan antisipasi sudah bermunculan. Semisal memberikan insentif dan diskon berbagai sektor di pariwisata.

Dia memastikan hingga kini proses rapat dan koordinasi masih terus berlangsung. Makanya dia belum mau membocorkan lebih detil langkah pemerintah selanjutnya. Namun dia memastikan proses ini akan diputuskan secepatnya.

Sebelumnya, sektor pariwisata pernah anjlok pasca terjadinya bom Bali di awal tahun 2002. Banyaknya turis asing yang jadi korban, membuat pariwisata Indonesia bergejolak.

Namun, Tama memastikan tidak menggunakan cara lama untuk mendongkrak kembali pariwisata Indonesia. Sebab, saat ini Indonesia termasuk negara yang aman dari Virus Corona.

Sementara pasca bom Bali, Indonesia dianggap negara tidak aman karena teror bom yang banyak menewaskan banyak wisatawan.

Untuk itu, salah satunya pemerintah berencana memberikan potongan harga di sektor pariwisata. Misalnya tiket perjalanan dan insentif kepada para pengusaha pariwisata.

“Kita lihat dari perspektif yang lebih komprehensif agar tidak separuh-separuh dalam menyelesaikannya,” kata Tama.

Reporter : Sultan
Sumber : Merdeka.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here